Rancangan Model Bisnis Coal To Activated Carbon PT Bukit Asam Tbk Tahun 2024-2026

Chandra, Niko and Indriastuti, Tantri (2023) Rancangan Model Bisnis Coal To Activated Carbon PT Bukit Asam Tbk Tahun 2024-2026. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover Tesis.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bebas Royalti.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak Tesis.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Daftar Isi Tesis.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB 4-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Tesis.pdf

Download (846kB)
[img] Text
Lampiran Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Rancangan Model Bisnis Coal to Activated Carbon PT Bukit Asam Tbk Tahun 2024-2026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Industri batubara nasional dihadapkan pada berbagai tantangan akibat transisi energi menuju energi terbarukan dan pencanangan net zero emission di tahun 2060. Penghentian pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap juga semakin mempersulit masa depan industri batubara. PT Bukit Asam Tbk (PTBA), yang sebagian besar mengandalkan penjualan batubara mentah, menghadapi potensi penurunan kinerja jangka panjang karena penurunan permintaan dan pergeseran menuju energi bersih. Oleh karena itu, PTBA beradaptasi dengan perubahan tersebut dan mencari cara untuk mengembangkan bisnis yang lebih berkelanjutan melalui pengembangan bisnis hilirisasi batubara, yaitu Coal to v Activated Carbon (CTAC). Bisnis ini memiliki potensi besar dalam rangka mengoptimalkan monetisasi sumber daya batubara yang dimiliki PTBA. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis yang tepat dan berkelanjutan untuk pengembangan bisnis CTAC PTBA tahun 2024-2026. Pendekatan analisis yang digunakan, meliputi analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, analisis fungsional, SWOT, dan analisis keputusan, dengan Model Bisnis Kanvas sebagai tools utama. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh rancangan model bisnis yang tepat diimplementasikan dalam rangka pengembangan bisnis baru CTAC adalah model bisnis berbasis new segment market development. Rancangan model bisnis ini bertujuan memaksimalkan potensi pasar dan memperkuat brand positioning. Rancangan model bisnis ini juga dilengkapi dengan rencana implementasi yang menjadi panduan strategis bagi PTBA dalam menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Kata kunci: Hilirisasi Batubara, Model Bisnis Kan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A Management > AF Strategic management
A Management > AH Performance management
A Management > AJ Business Model
G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Magister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Agus LIM Salim
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:31
Last Modified: 25 Apr 2024 02:31
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/3057

Actions (login required)

View Item View Item