Chandra, Niko and Indriastuti, Tantri (2023) Rancangan Model Bisnis Coal To Activated Carbon PT Bukit Asam Tbk Tahun 2024-2026. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover Tesis.pdf Download (334kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bebas Royalti.pdf Download (3MB) |
|
Text
Abstrak Tesis.pdf Download (380kB) |
|
Text
Daftar Isi Tesis.pdf Download (566kB) |
|
Text
BAB 1-3.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
BAB 4-6.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Daftar Pustaka Tesis.pdf Download (846kB) |
|
Text
Lampiran Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Rancangan Model Bisnis Coal to Activated Carbon PT Bukit Asam Tbk Tahun 2024-2026.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Industri batubara nasional dihadapkan pada berbagai tantangan akibat transisi energi menuju energi terbarukan dan pencanangan net zero emission di tahun 2060. Penghentian pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap juga semakin mempersulit masa depan industri batubara. PT Bukit Asam Tbk (PTBA), yang sebagian besar mengandalkan penjualan batubara mentah, menghadapi potensi penurunan kinerja jangka panjang karena penurunan permintaan dan pergeseran menuju energi bersih. Oleh karena itu, PTBA beradaptasi dengan perubahan tersebut dan mencari cara untuk mengembangkan bisnis yang lebih berkelanjutan melalui pengembangan bisnis hilirisasi batubara, yaitu Coal to v Activated Carbon (CTAC). Bisnis ini memiliki potensi besar dalam rangka mengoptimalkan monetisasi sumber daya batubara yang dimiliki PTBA. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis yang tepat dan berkelanjutan untuk pengembangan bisnis CTAC PTBA tahun 2024-2026. Pendekatan analisis yang digunakan, meliputi analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, analisis fungsional, SWOT, dan analisis keputusan, dengan Model Bisnis Kanvas sebagai tools utama. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh rancangan model bisnis yang tepat diimplementasikan dalam rangka pengembangan bisnis baru CTAC adalah model bisnis berbasis new segment market development. Rancangan model bisnis ini bertujuan memaksimalkan potensi pasar dan memperkuat brand positioning. Rancangan model bisnis ini juga dilengkapi dengan rencana implementasi yang menjadi panduan strategis bagi PTBA dalam menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Kata kunci: Hilirisasi Batubara, Model Bisnis Kan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A Management > AF Strategic management A Management > AH Performance management A Management > AJ Business Model G Strategic > G Strategic |
Divisions: | Program Studi Magister > Manajemen Eksekutif |
Depositing User: | Agus LIM Salim |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 02:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:31 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/3057 |
Actions (login required)
View Item |