RANCANGAN INISIATIF STRATEGIS PERBAIKAN EVP PPM MANAJEMEN BERDASARKAN DIREKTORAT, GENERASI DAN SECARA KESELURUHAN PERIODE TAHUN 2018-2020

Gunstanto T., Edwin (2017) RANCANGAN INISIATIF STRATEGIS PERBAIKAN EVP PPM MANAJEMEN BERDASARKAN DIREKTORAT, GENERASI DAN SECARA KESELURUHAN PERIODE TAHUN 2018-2020. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Semakin besarnya peluang kerja yang ada di Indonesia menyebabkan besar pula daya saing dari suatu perusahaan dalam menjaga karyawan yang sudah ada dan juga menarik karyawan baru yang berkualitas. Hal ini diungkapkan dalam teori Employee Value Proposition, dimana karyawan memiliki nilai tertentu yang mereka anggap adalah hal yang penting untuk dimiliki dari suatu perusahaan. Hal ini menjadi sebuah masalah di setiap perusahaan untuk mencari tahu apa nilai proposisi baik berdasarkan jenis pekerjaan dan juga generasi karyawan itu sendiri. Konsep ini merupakan konsep yang belum banyak digunakan di industri Indonesia terutama industri pendidikan, pelatihan dan konsultasi manajemen. Penelitian kali ini ditujukan untuk staf profesional yang ada di PPM manajemen sebagai penghasil keuntungan dari proses bisnisnya. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai apa yang dianggap penting oleh mereka berdasarkan generasi, direktorat serta secara keseluruhan. Tingkat kepentingan nilai tersebut akan dibandingkan juga dengan tingkat realisasi dari nilai yang sudah ditunjukan oleh PPM Manajemen. Penelitian ini mengunakan Importance-Performance Analysis yang hasilnya nanti berupa nilai-nilai yang terbagi dalam empat kuadran tingkat kepentingan dan realisasi. Analisis ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh staf profesional dengan nilai-nilai proposisi berdasarkan kerangka kerja yang dikembangkan oleh beberapa lembaga peneliti. Hasil temuan yang didapat adalah atribut-atribut employee value proposition (EVP) yang selalu muncul di kuadran A (prioritas utama) pada setiap direktorat, generasi dan keseluruhan karyawan dengan prioitas gap lima terbesar. Atribut-atribut itu adalah 1.Technology Level, 2.People Management, 3.Health, 4.Market Position, 5.Organization Size. Atribut ini yang akan menjadi prioritas utama untuk diperbaiki. Pada atribut Technology Level saran perbaikan yang dapat diberi adalah dengan penerapan sistem ERP (enterprise resource planning), teknologi komunikasi dan pengolahan data. Pada atribut People Management saran perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan analisis sistem 8 pilar msdm untuk memperbaiki kualitas perencanaan, implementasi dan evaluasi. Atribut Health dapat dilakukan dengan meningkatkan plafon uang kesehatan dengan membandingkan dengan lembaga sejenis ataupun menyediakan pelayanan kesehatan dalam bentuk lain. Atribut Market Position dapat diperbaiki dengan mengeluarkan jasa baru ataupun jasa yang unik dibanding kompetitor. Atribut terakhir yaitu Organization Size dapat diperbaiki dengan melakukan analisis perencanaan dari SDM yang diperlukan suatu organisasi. Hal ini menjadi dasar perbaikan dari ukuran organisasi agar sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Human resource management, Performance management
Subjects: H Human resource management > H Human resource management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 23 Jun 2020 15:40
Last Modified: 31 May 2021 05:29
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item