RANCANGAN STRATEGI BISNIS DAN ASESMEN RISIKO PADA MOMOTOR.ID 2018-2020

Muhammad, Hilman Faza Nur and Achmad, Fariz Gaffar (2018) RANCANGAN STRATEGI BISNIS DAN ASESMEN RISIKO PADA MOMOTOR.ID 2018-2020. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Momotor.id merupakan Marketplace khusus untuk sepeda motor. momotor.id merupakan produk dari perusahaan multifinance terkemuka diindonesia yaitu Adira finance. Untuk menghadapi perkembangan zaman Adira finance terus melakukan inovasi salah satunya dengan meluncurkan momotor.id. dari segi model bisnis, momotor.id merupakan satu – satunya marketplace yang menggabungkan tempat jual-beli dan fasilitasi pembiyaaan. Oleh Karena itu perlu adanya persiapan strategi agar dapat bersaiang dan dapat bertahan di dunia digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi yang sesuai sekaligus membantu Adira Finance untuk mencapai Aspirasi di tahun 2020 yaitu sebagai Perusahaan Multifinance No 1 di Indonesia. Serta memberikan Asesmen risiko dari rancangan strategi tersebut. Analisis dimulai dari Analisis Visi – Misi, Analisis Bisnis Model, Analisis internal menggunakan matrik Competitive Profile Matriks dan Analisis fungsional kemudian Analisis Eksternal menggunakan Analisis PESTLE dan Analisis Five Forces Porter. Dan dari analisis tersebut akan menghasilkan Matriks IFE dan Matriks EFE yang digunakan penulis untuk mengetahui posisi perusahaan menggunakan Matriks IE dan menentukan strategi yang sesuai menggunakan Matriks TOWS. Setelah merancang strategi tersebut dilakukan Asesmen Risiko mulai dari menetapkan Konteks, Identifikasi Risiko, Analisis Risiko, Evaluasi Risiko hingga Mitigasi dari rancangan strategi tersebut. Kesimpulan dari hasil analisis diatas adalah momotor.id harus melakukan penetrasi pasar dengan cara melakukan edukasi pasar terhadap voucher pembiayaan dan bekerjasama dengan dealer adira diseluruh Indonesia, dan momotor.id juga harus melakukan produk developmant dengan menambah jumlah SDM yang melek digital. Dari rancangan strategi tersebut terdapat 8 risiko yang prioritas mungkin terjadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Finance, Risk management, Business strategy
Subjects: D Finance > D Finance
D Finance > DD Risk management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 29 Jun 2020 09:32
Last Modified: 13 Jul 2022 03:12
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item