STRATEGI PEMASARAN PT GMF AEROASIA TBK. TAHUN 2019-2021

Saptyadi, Ignatius Danang (2018) STRATEGI PEMASARAN PT GMF AEROASIA TBK. TAHUN 2019-2021. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT GMF Aeroasia Tbk. atau “GMF” adalah anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk. yang bergerak pada industri MRO, Maintenance, Repair and Overhaul. Untuk mencapai visi menjadi perusahaan Top 10 MRO di dunia, GMF mengembangkan 5 SBU (Strategic Business Unit) agar dapat menangkap kebutuhan pasar. Dengan pencapaian tahun 2017 dimana GMF berhasil membukukan pendapatan sebesar 439 juta dolar US menempatkan GMF pada posisi 15 besar perusahaan MRO di dunia. Visi GMF ditargetkan untuk dapat diraih di tahun 2021 dengan target pendapatan 1 milliar dolar US. Transportasi udara adalah moda transportasi yang paling efisien saat ini sehingga menjadi pilihan utama para penumpang yang ingin bepergian jarak jauh. Oleh karenanya, pertumbuhan jumlah pesawat terbang di dunia setiap tahunnya untuk mengangkut penumpang lintas negara dan benua meningkat secara signifikan. Dengan pasar maskapai penerbangan yang begitu besar, menyebabkan pertumbuhan industri MRO pun meningkat pesat. Hal ini memacu GMF untuk dapat mengakselerasi pertumbuhannya. Langkah yang telah diambil untuk go public di tahun 2017, harus sebanding dengan pertumbuhan GMF ke depannya. Program investasi pada bisnis GMF harus didukung oleh strategi pemasaran yang tepat agar terjadi peningkatan pendapatan usaha. Namun pada awal semester 2018, seluruh SBU GMF mendapat “rapor merah” pada KPI pendapatan. Untuk itu manajemen membutuhkan sebuah program recovery, yang salah satu caranya adalah melalui penyusunan strategi pemasaran yang lebih tepat untuk GMF. Untuk menjawab masalah yang ada, dalam tesis ini digunakan pendekatan penelitian deskriptif secara kualitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis peluang pasar dengan pendekatan seven domains model, Mullins dan Walker (2013). Selanjutnya dengan menggunakan alat analisis MA-CP matriks, peneliti dapat mengetahui seberapa besar daya tarik pasar serta posisi bersaing perusahaan dalam industri MRO. Hasilnya adalah strategi pemasaran yang diturunkan menjadi program pemasaran serta perencanaan untuk implementasinya. Dengan melalui pendekatan kerangka berpikir tersebut diharapkan strategi pemasaran GMF dapat lebih tepat sasaran untuk tahun 2019-2021.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing strategy, Strategic marketing
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
B Marketing > BF Strategic marketing
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 20 Jul 2020 08:09
Last Modified: 26 Mar 2021 01:20
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item