Pahalani, Atika (2021) MODEL DAN IMPLEMENTASI STRUKTUR CRM STRATEGIC BUSINESS UNIT EXPRESS PT ANGKASA PURA LOGISTIK PERIODE 2020 - 2023. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
BAB 1 - 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, tuntutan akan jasa transportasi dan pergudangan terus meningkat. PT Angkasa Pura Logistik pun turut ikut serta dalam mempersiapkan bisnis agar dapat merespon perkembangan sektor logistik yaitu dengan cara memperkenalkan Unit Bisnis mereka yang bergerak disektor bisnis ekspedisi yaitu Strategic Bisnis (SBU) Express. Periode Maret sampai dengan Oktober tahun 2021 jumlah pelanggan SBU Express dengan transaksi yang menurun berjumlah paling banyak sehingga ini mempengaruhi kinerja dari SBU Express. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk merancang model serta mengimplementasi struktur CRM yang terdiri dari customer portfolio analysis, customer intimacy, network development, value preposition development, dan customer lifecycle management pada SBU express sehingga dapat membantu SBU Express dalam mengelola pelanggan melalui proses bisnis yang di otomatisasi. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara tidak terstruktur, studi dokumen dan studi literature. Ditemukan bahwa SBU perlu mempertimbangkan biaya penanganan untuk melayani suatu pelanggan dan dibandingkan dengan value yang diberikan pelanggan tersebut kepada perusahaan. SBU Express perlu untuk menentukan value preposition atau nilai-nilai apa yang ingin di sampaikan kepada pelanggan terlebih dahulu. Kemudian SBU Express akan membuat network atau jaringan yang dinilai dapat mendukung terciptanya nilai tersebut. Jaringan tersebut juga diharapkan dapat mendukung tersampaikannya nilai tersebut kepada pelanggan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Marketing > B Marketing B Marketing > BD Marketing strategy B Marketing > BP Consumer behaviour |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 02:16 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:16 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2294 |
Actions (login required)
View Item |