MODELING THE CONSUMER VIRAL BEHAVIOR IN SOCIAL MEDIA: EXPLORING THE MESSAGE, USER-GENERATED CONTENT, AND MAVENISM FACTOR

Mulyadi, Calvin Kurnia (2017) MODELING THE CONSUMER VIRAL BEHAVIOR IN SOCIAL MEDIA: EXPLORING THE MESSAGE, USER-GENERATED CONTENT, AND MAVENISM FACTOR. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pemasaran viral yang berbasis video (viral video advertising) sangat sering dijumpai sehari-hari. Namun, sampai saat ini, faktor-faktor yang mendorong terjadinya viralitas masih belum dapat dipahami sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pesan, mavenisme, dan sikap terhadap user-generated content (UGC) yang ditambahkan ke dalam video iklan viral terhadap sikap dan minat konsumen untuk meneruskan video iklan tersebut di media sosial, yang dikenal sebagai perilaku viral. Penelitian ini memperluas dan memodifikasi model pemasaran viral dari Hsieh et al. Dengan menggunakan metode survei online dan teknik sampling nonprobabilitas, didapatkan sebanyak 336 responden pengguna media sosial (Facebook, Instagram, dan Twitter) di Indonesia. Berdasarkan hasil uji model struktural, didapatkan bahwa faktor pesan (terdiri atas indikator awareness of persuasive intent, perceived creativity, dan media richness) berhubungan dengan sikap dan minat untuk meneruskan pesan, serta faktor penerima (diukur oleh mavenism) berhubungan dengan minat untuk meneruskan pesan. Dari faktor pesan, perceived creativity, suatu variable modifikasi dari variabel konstruk humor iklan dari model penelitian sebelumnya, diketahui memiliki pengaruh terbesar terhadap sikap. Sementara itu, perubahan sikap konsumen setelah terpapar UGC tidak berhubungan dengan keterlibatan dalam perilaku viral di media sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing management, Consumer behaviour
Subjects: B Marketing > BC Marketing management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 08 Apr 2020 10:46
Last Modified: 21 Oct 2020 23:57
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item