STRATEGI PEMASARAN GEMBIRA LOKA ZOO TAHUN 2021-2023

Adji, Margaretha Retnaning and Harto, Budi (2021) STRATEGI PEMASARAN GEMBIRA LOKA ZOO TAHUN 2021-2023. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
BAB 1 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan salah satu destinasi wisata di kota Yogyakarta. Sejak berdiri tahun 1953, Gembira Loka mengalami pasang surut pengunjung hingga akhirnya pengelolaan diserahkan ke PT Buana Alam Tirta tahun 2009 dan nama dirubah menjadi Gembira Loka Zoo (GL Zoo). Berdasarkan data statistik, terjadi kenaikan pengunjung GL Zoo hingga mencapai hampir 2 juta di tahun 2015, namun kondisi lima tahun kemudian (tahun 2015-2019) pengunjung GL Zoo mengalami penurunan. Mempertimbangkan kondisi pemasaran GL Zoo inilah, maka kami melakukan penelitian dengan tujuan memberikan masukan kepada manajemen GL Zoo mengenai aspek strategi pemasaran saat ini yang perlu ditingkatkan serta menyusun strategi pemasaran tahun 2021-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis thematic, dan penelitian kuantitatif dengan menggunakan statistik, sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian dilakukan untuk mendiagnosis mengapa terjadi penurunan jumlah pengunjung? Lalu strategi apa yang sebaiknya dilakukan GL Zoo untuk menaikkan jumlah pengunjung dan pendapatan? Kemudian terkait dengan pandemi Covid-19 dan karakteristik-karakteristik bisnis zoo menetapkan bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk GL Zoo di era new normal? Berdasarkan analisis yang kami lakukan atas isu-isu eksternal, customer decision making process (CDMP), brand image, point of parity (POP) dan point of different (POD), serta analisis strategi pemasaran pesaing, maka penelitian ini menghasilkan formulasi strategi pemasaran dengan diawali penentuan marketing objective, usulan brand image yang dapat diusung utntuk GL Zoo. Selanjutnya formulasi strategi pemasaran GL Zoo dapat dilakukan dengan menetapkan segmenting, targeting, positioning (STP) dan marketing mix 7P untuk GL Zoo tahun 2021-2023.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
B Marketing > BF Strategic marketing
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 02 Feb 2023 06:35
Last Modified: 02 Feb 2023 06:35
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item