STRATEGI BISNIS DIVISI KENDARAAN KHUSUS PT. PINDAD (PERSERO) DALAM MEMENUHI KEKUATAN ESSENSIAL MINIMUM TNI PERIODE 2017-2020

Nugroho, Aryo and Notowibowo, Clarensia Cynthia (2017) STRATEGI BISNIS DIVISI KENDARAAN KHUSUS PT. PINDAD (PERSERO) DALAM MEMENUHI KEKUATAN ESSENSIAL MINIMUM TNI PERIODE 2017-2020. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil topik mengenai strategi bisnis divisi kendaraan khusus PT. PINDAD (PERSERO). PT. PINDAD (PERSERO) merupakan BUMN yang bergerak dalam industri pertahanan Indonesia. Perusahaan ini memiliki berbagai macam lini usaha, baik yang sudah berkelanjutan maupun yang masih berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu lini usaha yang berpotensi untuk dikembangakan adalahh lini divisi kendaraan khusus. Dalam perkembangan industri pertahanaan Indonesia, pemerintah Indonesia sebagai katalisator telah menetapkan melalui UU No. 17/2007 Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 bab III tentang pertahanan pemerintah menyebutkan “Pembangunan kekuatan pertahanan melampaui kekuatan essential minimum”. Pemerintah Indonesia pun sangat mendukung kemandirian industri pertahanan Indonesia dengan penerbitan sejumlah Undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Namun pada realitasnya industri pertahanan Indonesia, masih banyak sekali terjadi celah untuk dapat mewujudkan rencana tersebut. PT. PINDAD (PERSERO) yang melalui Kementerian BUMN ditugaskan untuk melakukan riset, rekayasa pengembangan, penguasaan teknologi, dan pembuatan Alpalhankam di sektor atau matra darat tentunya harus dapat memanfaatkan potensi pembangunan industri pertahanan tersebut sebaik-baiknya. Namun dengan keistimewaanya sebagai perusahaan BUMN, PT PINDAD belum dapat memanfaatkan sebaik-baiknya potensi yang ada. Selain itu, PT. PINDAD (PERSERO) juga harus terus bersaing di dalam industri yang tentunya semakin diramaikan dengan teknologi yang semakin berkembang dan juga pesaing baik dari dalam maupun luar negeri. Peneliti pada penelitian ini akan menggunakan pendekatan analisis makro dengan analisis PESTLE (Politic, Economis, Social, Technology, Legal, and Evrioment). Untuk analisis mikro industri menggunakan Porter’s Diamond yang terdiri dari faktor kondisi, permintaan, industri pendukung yang terkait dan struktur, strategi dan persaingan perusahaan. Metode analisis ini dipilih karena peneliti ingin mendapatkan gambaran mengenai kesiapan industri Indonesia secara lebih menyeluruh. Dan untuk analisis internal menggunakan metode VRIO lalu diolah dengan CPM dengan membandingkan dengan perusahan sejenis. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa divisi kendaraan khusus PT. PINDAD (PERSERO) berada pada kuadran V pada matriks IE yang memiliki strategi besar mempertahankan. Dalam strategi ini dapat dilakukan pengembangan produk dan penetrasi pasar. Dari alternatif strategi tersebut, strategi yang paling relevan untuk perusahaan setelah dilakukan analisis QSPM adalah pengembangan produk. Strategi ini juga selaras dengan sasaran besar perusahaan untuk masuk ke pasar global serta fungsi PT. PINDAD (PERSERO) terhadap pemerintah dalam program pemenuhan kekuatan essensial minimum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic, Business strategy
Subjects: G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 09 Apr 2020 07:49
Last Modified: 23 Oct 2020 03:10
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item