PENGARUH FINANCIAL COMPENSATION , NON-FINANCIAL COMPENSATION DAN BENEFIT TERHADAP AFFECTIVE COMMITMENT, CONTINUANCE COMMITMENT DAN NORMATIVE COMMITMENT PADA KARYAWAN GENERASI MILLENNIAL DI PT. SAHABAT UTAMA GROUP

Wulandari, Ranti (2017) PENGARUH FINANCIAL COMPENSATION , NON-FINANCIAL COMPENSATION DAN BENEFIT TERHADAP AFFECTIVE COMMITMENT, CONTINUANCE COMMITMENT DAN NORMATIVE COMMITMENT PADA KARYAWAN GENERASI MILLENNIAL DI PT. SAHABAT UTAMA GROUP. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mendominasinya generasi millennial pada angkatan kerja di Indonesia saat ini yaitu sebesar 53% menjadikan generasi ini sebagai sorotan bagi pelaku bisnis dan pelaku sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi. Dengan karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya yang terkesan unik yaitu “menginginkan semuanya” dan “menginginkannya saat ini juga” (Eddy, Schweitzer dan Lyons, 2010) menyimpulkan bahwa generasi ini memiliki perbedaan pandangan terhadap kompensasi. Jika dibeberapa penelitian menyebutkan bahwa kompensasi sebagai faktor penting dalam keputusan karyawan bertahan atau keluar dari perusahaan (commitment), namun tidak demikian bagi generasi millennial. Dibalik harapan gaji yang tinggi, kehidupan pribadi dan kehidupan kerja yang seimbanglah (work-life balance) yang paling penting bagi generasi millennial. Dengan kondisi ini sehingga diperlukan pengetahuan terkait dengan kompensasi seperti apa yang dapat meningkatkan komitmen karyawan generasi millennial terhadap perusahaan. Dimana pada akhirnya dapat membantu rancangan kompensasi yang sesuai dan dapat meningkatkan komitmen karyawan generasi millennial. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara financial compensation, non-financial compensation dan benefit sebagai faktor yang dapat meningkatkan affective commitment (AC), countinuance commitment (CC) dan normative commitment (NC) pada generasi millennial. Kuesioner yang digunakan untuk mengukur commitment menggunakan Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) yang dirancang oleh Meyer dan Allen (1990). Penelitian ini melibatkan responden dari sebuah perusahaan lokal di Jakarta. Uji model penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan sampel sebanyak 160 responden. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa financial compensation tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap CC, namun memiliki pengaruh yang signifikan terhadap AC dan NC. Sedangkan non-financial compensation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semua jenis komitmen baik AC, CC maupun NC. Sementara untuk variabel benefit memiliki pengaruh yang signifikan hanya pada AC. Penelitian ini pada akhirnya diharapkan memberikan kontribusi teknis kepada perusahaan khususnya pada divisi Sumber Daya Manusia sebagai gambaran untuk merancang paket kompensasi yang dapat meningkatkan komitmen organisasi karyawan khususnya bagi generasi millennial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Human resource management, Compensation and benefit, Employee satisfaction
Subjects: H Human resource management > H Human resource management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 13 Apr 2020 08:17
Last Modified: 04 Nov 2020 03:20
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item