Rancangan Arah Kebijakan & Sistem Manajemen Kinerja Pada PT XL Axiata Tbk Tahun 2024-2025

Permana, Bondan (2024) Rancangan Arah Kebijakan & Sistem Manajemen Kinerja Pada PT XL Axiata Tbk Tahun 2024-2025. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover Tesis.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Bebas Royalti.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Abstrak Tesis.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Daftar Isi Tesis.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV-VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era digitalisasi yang terus berubah, para pelaku bisnis berusaha untuk dapat bertahan dan berkembang di industri. XL Axiata sebagai salah satu operator di bidang Telekomunikasi di Indonesia, terus mengembangkan bisnis dan organisasinya agar dapat diterima dengan baik oleh para pelanggan. Melalui visinya untuk menjadi operator konvergen nomer satu di Indonesia, XL Axiata melakukan transformasi bisnis dan organisasi dengan meluncurkan produk-produk dan layanan terbaru untuk para pelanggan di Indonesia. Untuk menjalankan seluruh inisiatif dan program Perusahaan, XL Axiata membuat dua jenis organisasi yaitu organisasi struktural dan organisasi nonstruktural (Agile), yang berjalan secara bersamaan. Untuk memastikan target Perusahaan terukur dengan baik diperlukan sistem manajemen kinerja yang handal. Sayangnya XL Axiata saat ini hanya memiliki satu sistem manajemen kinerja yang hanya mengakomodir untuk karyawan yang berada pada organisasi struktural, dimana proses penilaian kinerjanya oleh atasan langsung. Padahal karyawan di organisasi agile selama menjalankan proyek, interaksinya lebih banyak disupervisi oleh Squad Leader. Hal ini sering menimbulkan polemik, karena penilaian dari atasan kadang kala berbeda dengan penilaian dari Squad Leader sehingga karyawan di organisasi agile mendapatkan ketidakadilan. Hal ini yang mendasari dilakukan penelitian untuk mengembangkan sistem manajemen kinerja di organisasi agile XL Axiata agar lebih obyektif, adil dan transparan, sehingga produktivitas karyawan meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan yang menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dalam waktu 5 bulan melalui penyebaran kuesioner kepada 44 perwakilan karyawan, wawancara kepada 6 narasumber, meninjau dokumen Perusahaan dan mencari data yang relevan dari berbagai sumber. Hasil dari penelitian menunjukan pengembangan sistem manajemen kinerja di XL Axiata perlu difokuskan untuk mengakomodir kebutuhan karyawan di organisasi Agile meliputi keadilan dalam penilaian kinerja dengan memberlakukan multirater, penilaian 360 derajat, pengembangan sistem 4 rating dan perbaikan tindak lanjut kinerja yang berkaitan dengan reward. Sebagai salah satu parameter keberhasilan penelitian ini direkomendasikan untuk melihat hasil engagement survey 2024 terutama untuk parameter yang berkaitan sistem manajemen kinerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Strategic > GA Organizational development
H Human resource management > HB Engagement
H Human resource management > HF Employee development
Divisions: Program Studi Magister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Agus LIM Salim
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:26
Last Modified: 15 Aug 2024 06:26
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item View Item