STRATEGI PENGEMBANGAN PORTOFOLIO BISNIS PT. PELNI GROUP

Suparno, Suparno and Sinaga, Marolop H. (2013) STRATEGI PENGEMBANGAN PORTOFOLIO BISNIS PT. PELNI GROUP. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT.PELNI sebagai BUMN dengan status persero yang bergerak dalam bidang jasa pelayaran mengemban misi utama sebagai penghasil laba (profit making) sehingga harus mampu memberikan kontribusi terhadap penerimaan negara. Pesatnya perubahan internal dan eksternal dilingkungan perusahaan menjadikan strategi merupakan kebutuhan vital dan sangat penting dalam menjalankan roda perusahaan dalam menghadapi tantangan. Dengan berbagai segmen usaha yang dimiliki perusahaan harus mampu mengalokasikan sumber daya yang ada secara selaras dengan daya tarik industri dan kekuatan bisnis ditiap segmen usahanya. Indikator daya tarik industri meliputi : ukuran pasar, laju pertumbuhan pasar, intensitas persaingan, margin keuntungan industri, regulasi pemerintah, persyaratan teknologi dan ketersediaan tenaga kerja. Sedangkan indikator kekuatan bisnis meliputi : pangsa pasar, pertumbuhan pangsa pasar, kualitas layanan, kapasitas produksi, kemampuan manajemen, citra perusahaan dan margin keuntungan industri. Untuk memperoleh indikator tersebut diperlukan kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpulan data dan kuesioner pembobotan untuk memberikan bobot dan peringkat pada tiaptiap indikator. Pemetaan pada matrik General Electrik (GE) diperoleh posisi segmen bisnis yang dimiliki oleh PT.PELNI seluruhnya berada pada posisi strategi selektif untuk kondisi saat ini, Dan segmen usaha galangan, keagenan kapal dan usaha PT.SBN berada pada posisi strategi pertumbuhan selektif pada masa yang akan datang, sedangkan segmen usaha perkapalan, perhotelan, usaha PT.RS. Pelni dan usaha PT.PIDC walaupun pada posisi kearah pertumbuhan namun masih berada dalam range strategi selektif. Sehingga implikasi strategi dari tiap segmen usaha harus disesuaikan dengan rencana pengembangan ditiap portofolio bisnis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic, Business development, Portfolio, Business strategy
Subjects: G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 23 Apr 2020 03:47
Last Modified: 23 Nov 2020 00:54
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item