STRATEGI BISNIS PT XYZ PERIODE 2020 – 2024 DENGAN BALANCED SCORECARD

Novrianti, Rina Sri (2019) STRATEGI BISNIS PT XYZ PERIODE 2020 – 2024 DENGAN BALANCED SCORECARD. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT. XYZ perusahaan bergerak di bidang jasa operasi dan pemeliharaan (O&M) pembangkit listrik. telah menetapkan RJPP PT. XYZ 2017-2021 dengan visi “Menjadi perusahaan penyedia solusi pengelolaan pembangkit listrik dan pendukungnya yang terpercaya”. Namun hingga Desember 2018, pencapaian sasaran strategis PT. XYZ tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh PT. XYZ, pertumbuhan kapasitas pembangkit yang dikelola cendrung stagnan, bahkan trend pendapatan cendrung menurun walaupun pertumbuhan demand energi listrik Indonesia meningkat sebesar 6,42%. Disisi lain lingkungan eksternal telah mengalami perubahan signifikan, kebijakan Corporate Charter Perusahaan Induk, tuntutan penurunan BPP dan trend lingkungan industri pembangkit listrik global telah mengarah ke 3D yaitu Desentralisasi, Digitalisasi dan Decarbonization. Trend 3 D ini mendorong bisnis pembangkit listrik bergerak ke clean dan renewable energy, skala kecil dan konsumen pun bisa ikut turut menjadi produsen dari energy listrik tersebut. Hal ini menjadi disruptive technology bagi bisnis kelistrikan termasuk PT. XYZ di masa yang akan datang dimana mayoritas pembangkit masih menggunakan bahan bakar fossil dan tersentralisasi. Beberapa tahun terakhir ini pertumbuhan permintaan listrik cenderung menurun dari tahun sebelumnya khususnya di Pulau Jawa. Hal ini disebabkan diantaranya karena meningkatnya efisiensi teknologi dalam menggunakan listrik dan juga terbukanya peluang konsumen menjadi produsen listrik untuk kepentingannya sendiri diantaranya melalui Solar PV Roof Top. Kondisi ini berpotensi menjadi ancaman bagi bisnis PT. XYZ di masa yang akan datang, dimana akan berpotensi menurunkan penjualan listrik dan market share. Berdasarkan evaluasi sasaran strategis dan perubahan lingkungan eksternal dan internal yang signifikan dipandang perlu agar PT. XYZ melakukan review terhadap strategi jangka panjang agar dapat menyelaraskan strategi dan eksekusinya dengan perubahan lingkungan industri untuk mencapai sustainability perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic, Business strategy
Subjects: G Strategic > G Strategic
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 07 May 2020 17:02
Last Modified: 21 Dec 2020 01:20
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item