Rahadi, Kornel Bram (2019) PROGRAM PENINGKATAN KINERJA PEMELIHARAAN OVERHAUL PT PJB UPHB TAHUN 2020 - 2024. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (126kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (283kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) adalah anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik. PT PJB Unit Pelayanan Pemeliharaan Wilayah Barat (UPHB) merupakan unit yang berada di lingkungan PT PJB yang memiliki tugas melakukan pemeliharaan overhaul pada 30 unit pembangkit listrik di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pemeliharaan overhaul adalah suatu kegiatan pemeliharaan besar secara berkala pada interval tertentu berupa pemeriksaan dan perbaikan peralatan pembangkit secara total atau sebagian agar pembangkit listrik beroperasi dengan baik sesuai desain. Parameter keberhasilan pemeliharaan overhaul ini dimasukan dalam KPI (Key Performance Indicator) Kinerja Pemeliharaan Overhaul antara lain: On-Time yang merupakan indikator yang menunjukkan tingkat ketepatan waktu realisasi pelaksanaan pemeliharaan overhaul, On-Quality yang merupakan ketepatan kualitas hasil overhaul yang telah ditetapkan dan On-Cost yang merupakan perbandingan jumlah realisasi biaya overhaul dibandingkan dengan rencana biaya overhaul. Kinerja Pemeliharaan Overhaul UPHB ini berkontribusi sebesar 38,41 % terhadap pencapaian kinerja korporat pada aspek faktor kesiapan operasi pembangkit listrik PT PJB (4892 megawatt dari total 12736 megawatt unit pembangkit listrik yang dikelola oleh PT PJB). Pencapaian target kinerja pemeliharaan overhaul UPHB selama ini tidak terpenuhi secara konsisten. Sebagai gambaran, akibat tidak tercapainya target KPI On-Time pada tahun 2018 berkontribusi pada hilangnya pendapatan dari kesempatan produksi sebesar X Rupiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah utama tidak tercapainya KPI Kinerja Pemeliharaan Overhaul UPHB, mengetahui cara mengembangkan solusi dari masalah utama dan memperoleh program perbaikan untuk peningkatan kinerja pemeliharaan overhaul UPHB. Penelitian ini menggunakan perangkat TOC (Theory of Constraints) yang merupakan suatu pendekatan yang memungkinkan seseorang menciptakan dan menerapkan perubahan secara sistematik, sehingga terjadi perbaikan untuk mencapai tujuan (goal). Ada 5 perangkat yang dalam penerapan TOC yaitu CRT (Current Reality Tree), EC (Evaporating Cloud), FRT (Future Reality Tree), PRT (Prerequisite Tree) dan TT (Transition Tree). Kelima perangkat tersebut digunakan untuk mengidentifikasi masalah utama, mengembangkan solusi dan strategi yang tepat untuk perbaikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa faktor penyebab utama tidak tercapainya KPI Kinerja Pemeliharaan Overhaul UPHB adalah: Jumlah personil yang kompeten kurang, Durasi overhaul panjang, Proyek overhaul yang ditangani banyak dan Jumlah supplier yang terkualifikasi tidak banyak. Berdasarkan faktor-faktor penyebab utama yang telah teridentifikasi tersebut, direkomendasikan program perbaikan untuk peningkatan kinerja pemeliharaan overhaul UPHB yaitu dengan melakukan akselerasi peningkatan kompetensi personil yang tersedia dan melakukan monitoring dan evaluasi manajemen overhaul.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Operations, Operation management |
Subjects: | C Operations > CB Operation management |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 11 May 2020 15:30 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 07:58 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/538 |
Actions (login required)
View Item |