STRATEGI PEMASARAN JASA OPERATION & MAINTENANCE (O&M) PEMBANGKIT LISTRIK PT PEMBANGKITAN JAWA-BALI PERIODE 2020-2024

Nugraha, Yuyun Ari (2019) STRATEGI PEMASARAN JASA OPERATION & MAINTENANCE (O&M) PEMBANGKIT LISTRIK PT PEMBANGKITAN JAWA-BALI PERIODE 2020-2024. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (0B)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bisnis ketenagalistrikan di Indonesia saat ini berkembang sejak pemerintah menginisiasi program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yaitu Fast Track Program 1 (FTP-1), Fast Track Program 2 (FTP-2), dan program 35.000 MW. Dengan semakin banyaknya pembangkit yang dibangun, maka berpengaruh pada prospek bisnis Operation & Maintenance (O&M) pembangkit listrik. Oleh karena itu manajemen PJB merumuskan target baru atas peningkatan jumlah konsumen jasa O&M, yang disebut dengan target double capacity. Sampai dengan triwulan kedua tahun 2019, target tersebut belum terpenuhi, di mana terdapat deviasi sebesar 8.550 MW yang harus dicapai oleh PJB. Hal tersebut ditambah dengan semakin banyaknya pesaing baru yang menawarkan harga yang lebih kompetitif, sehingga membentuk image di benak konsumen akan harga jual jasa O&M PJB yang lebih mahal. Dengan menggunakan pendekatan strategic market planning dari Best (2004), maka dilakukan perumusan atas strategi pemasaran produk jasa O&M pembangkit listrik PT PJB. Pendekatan tersebut dipandang lebih komprehensif, karena perlu dilakukan analisis terlebih dahulu atas ketertarikan pasar (market atrractiveness) dan keunggulan kompetitif perusahaan (competitive position). Dari analisis atas dua hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi pasar yang tepat untuk dijalankan oleh PJB adalah strategi ofensif karena sesuai dengan business direction PJB. Untuk selanjutnya strategi pemasaran akan dirumuskan berdasarkan strategi ofensif dimaksud. Penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka atas dokumen terkait bisnis O&M, wawancara dengan pejabat PJB yang berwenang atas pengelolaan bisnis jasa O&M pembangkit listrik, dan observasi atas consumer decision making process. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen PJB dalam merumuskan strategi pemasaran untuk memenuhi target double capacity jasa O&M.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing strategy
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 11 May 2020 15:52
Last Modified: 28 Dec 2020 08:39
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item