STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PT. UBER INDONESIA TECHNOLOGY TAHUN 2018 - 2020

Akbar, Rega Mulya (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PT. UBER INDONESIA TECHNOLOGY TAHUN 2018 - 2020. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Industri aplikasi berbasis transportasi merupakan sebuah industri yang perusahaannya menawarkan aplikasi yang dapat mengakses transportasi, salah satunya adalah Go-Jek, Grab, dan Uber. Uber merupakan salah satu perusahaan internasional yang merambah pasar ke wilayah asia tenggara. Disisi lain, Uber memiliki kendala mengenai brand image yang ada pada benak masyarakat. Sehingga, Uber perlu merancang strategi komunikasi pemasaran untuk menyesuaikan positioning yang telah dirancang Uber dengan brand image yang ada pada benak masyarakat. Sehingga nantinya terdapat analisis internal, eksternal terlebih dahulu, untuk mendapatkan TOWS Matrix yang akhirnya digunakan untuk menemukan strategi terpilih Uber pada tahun 2018 – 2020. Sementara analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan melalui wawancara untuk mengetahui kondisi pasar, internal perusahaan, kemudian analisis kuantitatif dilakukan melalui survey kuesioner untuk mengetahui perilaku konsumen. Hasil akhirnya dari analisis kualitatif, Uber sudah dapat dinyatakan sebagai perusahaan aplikasi berbasis transportasi yang baik karena keunggulan yang dimilikinya dibandingkan dengan kompetitor, kemudian hasil kuantitatif menyatakan bahwa mayoritas memilih aplikasi berbasis transportasi dikarenkan harga yang terjangkau dan promosi yang menarik, kemudian mayoritas mempersepsikan Uber sebagai perusahaan yang eksklusif, namun persepsi tersebut dapat terasosiasikan dengan kata mahal, bila masyarakat tidak teredukasi dengan baik, dan benar adanya masih ada sebagian kecil masyarakat yang mengatakan bahwa Uber mahal. Pada akhirnya masyarakat akan diberikan edukasi melalui komunikasi pemasaran untuk menyesuaikan brand image dengan positioning PT.. Uber Indonesia Technology. Komunikasi pemasaran tersebut antara lain dilakukan melalui advertising, alternative marketing, database marketing, public relations, sales promotion, social media, sponsorship. Seluruh tools tersebut merupakan tools yang paling tepat untuk Uber pada kondisi terkini. Implementasi komunikasi pemasaran dilakukan berdasarkan masing – masing lini produk, yaitu UberMOTOR, dan UberX. Sehingga materi komunikasi pemasaran mengarah kepada target yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing communication, Marketing strategy
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 28 May 2020 06:19
Last Modified: 17 Mar 2021 02:19
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item