STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANGSAL VVIP NEW BOUGENVILLE RUMAH SAKIT PELNI TAHUN 2018 – 2020

Girsang, Devi Rita Rohani (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANGSAL VVIP NEW BOUGENVILLE RUMAH SAKIT PELNI TAHUN 2018 – 2020. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rumah Sakit (RS) PELNI merupakan rumah sakit rujukan utama di wilayah Jakarta Barat yang melayani peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sejak tahun 2014. Mayoritas pasien rawat inap dan rawat jalan di RS PELNI adalah peserta BPJS Kesehatan. Konsep pembayaran BPJS Kesehatan kepada rumah sakit menggunakan sistem INA CBGs (Indonesian Case Base Groups), yaitu tarif paket pelayanan kesehatan yang mencakup seluruh komponen biaya rumah sakit, mulai dari pelayanan non-medis hingga tindakan medis. RS PELNI perlu mempertimbangkan pemasukan dari pasien rawat inap dengan pembiayaan selain BPJS Kesehatan, yaitu dengan meningkatkan bed occupation rate (BOR) kelas perawatan VVIP. Pemilihan fokus untuk meningkatkan BOR kelas perawatan VVIP disebabkan oleh salah satunya agar pasien BPJS Kesehatan kelas menengah ke atas di RS PELNI yang akan dirawat inap dapat tetap menikmati fasilitas premium dengan membayar selisih dari tarif umum dikurangi tarif INA CBGs (cost sharing). Dengan adanya cost sharing, diharapkan akan meningkatkan cashflow rumah sakit dan meningkatkan jumlah pasien untuk menggunakan fasilitas premium di RS PELNI. Penelitian tesis ini bertujuan untuk merumuskan Strategi Komunikasi Pemasaran Bangsal VVIP New Bougenville (NB VVIP) Rumah Sakit PELNI tahun 2018-2020. Penerapan strategi komunikasi pemasaran yang tepat oleh divisi pemasaran RS PELNI diharapkan dapat meningkatkan jumlah pasien yang memilih bangsal NB VVIP dan dapat memenuhi target BOR manajemen RS PELNI. Oleh karena itu, tujuan komunikasi pemasaran yang ditetapkan adalah untuk meningkatkan intensitas promosi NB VVIP dan meminimalisir asosiasi RS PELNI sebagai RS BPJS. Dengan adanya cost sharing, diharapkan akan meningkatkan cashflow rumah sakit dan meningkatkan jumlah pasien untuk menggunakan fasilitas premium di RS PELNI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing communication, Marketing strategy
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:04
Last Modified: 30 Apr 2021 09:25
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item