ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERILAKU PENGGUNA DOMPET VIRTUAL (E-WALLET)

Putra, Rahadian Tri (2017) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERILAKU PENGGUNA DOMPET VIRTUAL (E-WALLET). Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini secara tidak langsung memberikan dampak yang baik bagi suatu negara, khususnya di bidang transaksi perekonomian yang sedang mengalami kemajuan beberapa tahun silam. Dari data yang dilansir Bank Indonesia pada tahun 2016, tercatat jumlah peredaran uang elektronik serta nominal penggunaannya mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni mencapai lebih dari 49 juta jumlah uang elektronik beredar dengan nominal penggunaan mencapai 6,7 triliun rupiah. Hal ini dapat diartikan bahwa transaksi perekonomian berbasis teknologi sudah mulai memberikan perannya di masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk transaksi perekonomian berbasis teknologi adalah dengan hadirnya sebuah inovasi layanan alat pembayaran secara elektronik, yakni dompet virtual (e-wallet). Penelitian ini akan menguji faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat perilaku para pengguna e-wallet, kemudian juga menguji bagaimana peranan financial technology dalam bidang transaksi keuangan saat ini, yang dalam penelitian ini menggunakan objek e-wallet GO-PAY yang ada pada aplikasi jasa pemesanan ‘ojek’ berbasis online GOJEK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) dengan penambahan faktor lainnya berdasarkan penelitian terdahulu. Didapat total 400 responden yang memenuhi kriteria sebagai pengguna GO-PAY mengisi kuesioner yang disebar secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor performance expectancy, effort expectancy, perceived compatibility, facilitatingconditions, dan awareness of benefits, berpengaruh secara positif terhadap minat perilaku pengguna e-wallet GO-PAY. Turut andilnya perkembangan teknologi yang semakin modern dari masa ke masa merupakan kunci utama dari peranan e-wallet yang sudah diterima baik oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Consumer behaviour, Marketing management
Subjects: B Marketing > BP Consumer behaviour
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 31 Mar 2020 07:31
Last Modified: 28 Sep 2020 10:04
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item