PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND ATTITUDE DAN PURCHASE INTENTION AUDIENCE PADA DRAMA LOKAL

Veronica, Veronica (2019) PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND ATTITUDE DAN PURCHASE INTENTION AUDIENCE PADA DRAMA LOKAL. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Product placement kini menjadi salah satu strategi alternatif untuk pemasar dalam memasarkan produknya melalui media seperti film, drama, games atau musik. Beberapa penelitian menyatakan bahwa strategi product placement tidak efektif. Hal ini mengindikasikan keefektifan strategi product placement belum dapat dinyatakan secara pasti. Penelitian-penelitian terdahulu yang sudah penulis kaji rata-rata menggunakan satu objek penelitian saja sehingga respon audience tidak dapat mengeneralisir pengaruh tersebut. Untuk meneliti pengaruh tersebut secara akurat, penulis memilih untuk mengkaji lebih dari satu objek penelitian, yaitu tiga drama lokal dengan mengusung genre yang berbeda. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner online sebagai alat penyebarannya. Serta beberapa studi dokumen untuk melengkapi data dalam penelitian. Penulis membagi kelompok responden menjadi 2 kelompok yaitu kelompok audience yang sudah menonton dan belum menonton drama tersebut. Lalu penulis akan melakukan uji beda (ANOVA) untuk menentukan pengaruh product placement terhadap respon audience atas produk yang dipasarkan dalam drama tersebut. Variabel dependen yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah brand attitude dan purchase intention. Selain itu, penulis juga menganalisis perbedaan kedua variabel tersebut berdasarkan genre yang diusung. Hasil dari penelitian ini adalah, brand attitude memiliki perbedaan yang tidak signifikan dan purchase intention memiliki perbedaan yang signifikan antara kelompok audience yang sudah dan belum menonton drama lokal tersebut, Sedangkan, brand attitude dan purchase intention memiliki perbedaan yang tidak signifikan antar genre.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing management, Brand, Product management
Subjects: B Marketing > BC Marketing management
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 02 Apr 2020 09:05
Last Modified: 10 Aug 2022 03:04
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item