UTAUT EXTENSION MODEL: FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK BEHAVIORAL INTENTION TO REPURCHASE DALAM AKTIVITAS BELANJA ONLINE PADA MARKETPLACE C2C

Putra, Andika Dzulhaji Pratama (2019) UTAUT EXTENSION MODEL: FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK BEHAVIORAL INTENTION TO REPURCHASE DALAM AKTIVITAS BELANJA ONLINE PADA MARKETPLACE C2C. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (693kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk niat untuk melakukan pembelian kembali seseorang pada layanan e-commerce. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan total 206 responden yang terdiri dari pria & wanita, dengan rentan usia 13-54 tahun yang berdomisili di Jakarta. Kerangka konseptual dalam penelitian ini menggunakan model dasar UTAUT dengan melakukan modifikasi variabel yang telah banyak digunakan dalam penelitian sebelumnya dalam konteks aktivitas belanja online, seperti Penambahan variabel confirmation, trust, satisfaction dan perceived enjoyment. Modifikasi dilakukan diharapkan dapat meningkatkan faktor prediksi dalam pembelian kembali di marketplace. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis structural equation model (SEM) dengan tools statistik AMOS. Pengujian pada AMOS menggunakan pengujian measurement model dan structural model. Pada pengujian measurement model merujuk pada pengujian validitas dan reliabilitas, uji validitas dengan menggunakan kriteria minimum nilai R hitung yaitu 0.791 dan uji reliabilitas dengan minimum nilai 0.7. Hasil pengujian validitas menunjukkan 29 dari 40 item valid dengan nilai > 0.791, sedangkan untuk pengujian reliabilitas menunjukkan seluruh item reliable dengan hasil nilai reliabilitas 0.943 > 0.7. Hasil pada uji structural model menunjukkan nilai Chi-Square positif pada nilai 975.776, nilai TLI 0.842, nilai GFI 0.803, nilai AGFI 0.752, CFI 0.888 dan RMSEA 0.079 menunjukkan model fit. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perceived usefulness dan perceived enjoyment merupakan faktor utama yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian kembali pada aktivitas belanja online. Selain itu faktor trust terbukti mempengaruhi perceived usefulness dan faktor confirmatory terbukti mempengaruhi perceived usefulness dan satisfaction.Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk niat untuk melakukan pembelian kembali seseorang pada layanan e-commerce. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan total 206 responden yang terdiri dari pria & wanita, dengan rentan usia 13-54 tahun yang berdomisili di Jakarta. Kerangka konseptual dalam penelitian ini menggunakan model dasar UTAUT dengan melakukan modifikasi variabel yang telah banyak digunakan dalam penelitian sebelumnya dalam konteks aktivitas belanja online, seperti Penambahan variabel confirmation, trust, satisfaction dan perceived enjoyment. Modifikasi dilakukan diharapkan dapat meningkatkan faktor prediksi dalam pembelian kembali di marketplace. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis structural equation model (SEM) dengan tools statistik AMOS. Pengujian pada AMOS menggunakan pengujian measurement model dan structural model. Pada pengujian measurement model merujuk pada pengujian validitas dan reliabilitas, uji validitas dengan menggunakan kriteria minimum nilai R hitung yaitu 0.791 dan uji reliabilitas dengan minimum nilai 0.7. Hasil pengujian validitas menunjukkan 29 dari 40 item valid dengan nilai > 0.791, sedangkan untuk pengujian reliabilitas menunjukkan seluruh item reliable dengan hasil nilai reliabilitas 0.943 > 0.7. Hasil pada uji structural model menunjukkan nilai Chi-Square positif pada nilai 975.776, nilai TLI 0.842, nilai GFI 0.803, nilai AGFI 0.752, CFI 0.888 dan RMSEA 0.079 menunjukkan model fit. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perceived usefulness dan perceived enjoyment merupakan faktor utama yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian kembali pada aktivitas belanja online. Selain itu faktor trust terbukti mempengaruhi perceived usefulness dan faktor confirmatory terbukti mempengaruhi perceived usefulness dan satisfaction.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing management, Consumer behaviour, Marketplace
Subjects: B Marketing > BC Marketing management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 14 Apr 2020 08:50
Last Modified: 05 Nov 2020 09:22
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item