STRATEGI USAHA JASA PELAYARAN PENUMPANG PT.PELNI TAHUN 2014 – 2015

Van Muller, Otto and Maulana, Indra (2013) STRATEGI USAHA JASA PELAYARAN PENUMPANG PT.PELNI TAHUN 2014 – 2015. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Pelni merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang menyediakan jasa angkutan laut penumpang dan barang antar pulau. Saat ini PT Pelni (Persero) dihadapkan dengan situasi yang sulit, terutama akibat persaingan dengan jasa angkutan udara penumpang dan kenaikan harga bahan bakar minyak. Kondisi ini menuntut PT. PELNI (Persero) untuk menyusun strategi yang dapat disesuaikan dengan tuntutan dunia usaha dan dapat mengatasi persaingan. Tesis ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor kunci eksternal dan internal perusahaan, menentukan Formulasi Strategi Perusahaan melalui SWOT Matrix dan IE Matrix, memilih Strategi Perusahaan yang terbaik melalui Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), dan akhirnya menyusun implementasi dari strategi terpilih tersebut. Dalam tesis ini, penulis mengunakan data primer dan sekunder, yang diolah secara kuantatif dengan program Microsoft Excel. Data primer mengunakan responden yang dipilih secara sengaja berdasarkan pengetahuan dan wewenang mengenai data dan informasi, yang terdiri atas Senior Manajer dan Manager PT Pelni. Hasil Quantitative Strategic Planning Matrix menetapkan 2 (dua) strategi usaha yang paling tepat bagi PT Pelni yaitu Strategi Market Penetration melalui pembuatan iklan terkait tarif dan fasilitas kapal PT Pelni di surat kabar nasional sebulan sekali dan Strategi Product Development melalui kerjasama dengan Pihak Ketiga untuk mengkonversi bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas dan memodifikasi kapal penumpang menjadi kapal 3 in 1. Dengan menerapkan kedua strategi tersebut diharapkan PT. Pelni dapat mencapai Sasaran Tahun 2014-2015 yaitu meningkatan penghasilan, pangsa pasar, dan Key Performance Indeks (Indeks Kepuasan Pelanggan dan Load Factor), namun tetap memenuhi penugasan Public Service Obligation (PSO) untuk kelas ekonomi secara transparan dan auditable.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing management, Strategic marketing, Services marketing
Subjects: B Marketing > BC Marketing management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 23 Apr 2020 03:34
Last Modified: 20 Nov 2020 03:47
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item