PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PLAZA BLOK M UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PERIODE 2018-2020

Hutagalung, Josua Michael P. (2017) PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PLAZA BLOK M UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PERIODE 2018-2020. Skripsi thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DKI Jakarta sebagai ibukota, menjadi sentral bisnis. Dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat sebanyak 5,75% pada kuartal III/2016 tentu akan berdampak ke berbagai hal pada masyarakatnya, salah satunya ialah peningkatan daya beli, dikarenakan meningkatnya pendapatan yang diperoleh dari gaji atau penghasilan keluarga atau kelompok. Sejalan dengan meningkatnya daya beli masyarakat di DKI Jakarta, sekaligus mendorong pertumbuhan industry pusat perbelanjaan di DKI Jakarta. Namun dengan seiring bertumbuhnya industri pusat perbelanjaan yang semakin tinggi tentu akan berdampak pada persaingan di industri tersebut. Plaza Blok M sebagai salah satu pemain di industri tersebut menerima imbas dari tingginya persaingan. Pengunjung menjadi salah satu alat ukur, dari perhitungan jumlah pengunjung periode tahun 2014 - 2016, Plaza Blok M mengalami penurunan jumlah pengunjung sebanyak 14,17%. Penulis menggunakan 2 jenis analisis dalam penelitian ini, yakni analisis eksternal dan internal. Pada analisis eksternal, penulis menggunakan analisis makro (PESTEL), analisis lingkungan industri (5 Forces Porter) yang didukung oleh analisis konsumen, kemudian merangkumnya dan menghasilkan faktor-faktor peluang dan ancaman, lalu menganalisis ke Matriks EFE. Pada analisis internal, penulis menggunakan analisis bauran pemasaran (STP dan 7P) yang didukung dengan analisis konsumen, dan analisis kompetitor (CPM) yang didukung oleh analisis faktor kunci keberhasilan (KSF), dan menghasilkan faktor-faktor kekuatan dan kelemahan, lalu menganalisis ke Matriks IFE.Dari hasil Matriks EFE dan IFE, penulis menggunakan analisis Matriks Internal Eksternal (IE) utnuk mengetahui posisi perusahaan. Dengan hasil Matriks EFE sebesar 2,53 dan Matriks IFE sebesar 2,67, maka Plaza Blok M terletak di posisi sel V. Perusahaan yang terletak di poisisi sel III, V, atau VII termasuk posisi menjaga dan bertahan, alternatif strategi yang sesuai dengan sel tersebut ialah penetrasi pasar dan pengembangan produk. 77Sehingga Plaza Blok M dapat melakukan penetrasi pasar dengan mentarget segmen yang tepat secara efektif dan efisien, dan pengembangan produk dengan menambah tenant sesuai dengan segmen yang berpotensi. Kemudian penulis menggunakan analisis Matriks SWOT dalam mendukung pembuatan perumusan strategi yang akan digunakan Plaza Blok M, lalu membuat implementasi dari bauran pemasaran (STP dan 7P) dan time-table program promosi periode 2018-2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing strategy
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 27 May 2020 07:31
Last Modified: 14 Jan 2021 03:29
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item