STRATEGI PEMASARAN JASA PERJALANAN IBADAH HAJI KHUSUS DAN UMROH FARFAZA TRAVEL PERIODE TAHUN 2018 – 2021

Huda, M. Nurul (2018) STRATEGI PEMASARAN JASA PERJALANAN IBADAH HAJI KHUSUS DAN UMROH FARFAZA TRAVEL PERIODE TAHUN 2018 – 2021. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PT Farah Faza Astatama (Farfaza Travel) merupakan salah satu perusahaan jasa perjalanan ibadah umroh dan haji khusus yang beroperasi di DKI Jakarta dan memiliki beberapa agen di berbagai daerah di Indonesia. Dalam menghadapi perkembangan zaman, perusahaan jasa perjalanan ibadah harus terus berinovasi untuk dapat terus bersaing. Oleh karena itu, perusahaan seperti Farfaza Travel perlu mempersiapkan strategi dalam perencanaannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis situasi dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam pembuatan strategi pemasaran jasa dan merumuskan beberapa strategi yang dirasa cocok dengan keadaan industri dan perusahaan untuk 3 tahun kedepan. Proses perumusan strategi ini merupakan pendekatan konsep stratejik manajemen pemasaran. Analisis yang dilakukan terhadap performa saat ini, analisis permintaan pasar, analisis kompetisi & industri, analisis pangsa pasar, analisis kebutuhan pelanggan dan analisis posisi bersaing & nilai dengan alat analisis dari Roger J Best. Setelah itu, untuk menentukan strategi yang tepat, alat analisis yang digunakan yaitu matrik TOWS, dan analisis portofolio yang dilanjutkan dengan menetapkan strategi STP dan 7P serta strategi insiatif untuk perumusan implementasinya. Matrik TOWS menghasilkan isu isu strategis yang dapat digunakan dalam menentukan strategi pemasaran jasa Berdasarkan hasil analisis situasi dan matrik TOWS didapatkan bahwa dua produk memiliki pasar Daya tarik (43) untuk umroh dan (46) untuk haji khusus, dengan posisi Persaingan pada nilai (76) untuk umroh dan (77) untuk haji khusus, yang kedua nya berada pada Matrik Portfolio di kuadran yang sama. Kesimpulan dari hasil analisis, memilih strategi spesifik yang sama untuk produk Haji khusus dan umroh dari merek Farfaza travel yaitu investasi untuk meningkatkan penjualan 1A meningkatkan pangsa pasar yang selanjutnya akan di rumuskan implementasinya strategi STP dan strategi Bauran Pemasaran bagi Farfaza Travel hingga performa budget dan labarugi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Marketing strategy
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BD Marketing strategy
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:54
Last Modified: 20 Jul 2022 02:45
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item