Livia, Narda (2021) PENGARUH GREEN MARKETING COMMUNICATION TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIATING VARIABLE PADA INDUSTRI FOOD AND BEVERAGES. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
01 Cover Tesis.pdf Download (196kB) |
|
Text
03 Abstrak Tesis.pdf Download (143kB) |
|
Text
04 Daftar Isi, Tabel, Gambar dan Lampiran.pdf Download (147kB) |
|
Text
05 Bab 1 Tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text
06 Bab 2 Tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text
07 Bab 3 Tesis.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text
11 Daftar Pustaka Tesis.pdf Download (207kB) |
|
Text
Pengaruh GMC Terhadap Minat Beli dengan Brand Image sebagai Mediating Variable pada Industri F&B (Livia Narda).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Industri food and beverages (F&B) yang terus bertumbuh mengalami perubahan signifikan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, seperti penurunan performance bisnis dan perubahan consumer’s behavior. Para pelaku usaha menjadi lebih agresif untuk melakukan berbagai inisiatif yang sesuai dengan tren masyarakat pasca-pandemi, yang salah satunya adalah masyarakat menjadi lebih peduli dengan lingkungan. Oleh karena itu, banyak restoran yang melakukan aktivitas go-green dan yang lebih pentingnya adalah mengkomunikasikan aktivitas go-green yang sudah dijalankan (green marketing communication). Hal ini dilakukan dengan harapan dapat memberikan dampak positif kepada restoran. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah green marketing communication yang terdiri atas green action communication, green food communication dan green donation communication, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap brand image dan minat beli konsumen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji apakah brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli, serta apakah brand image berfungsi sebagai mediator dalam pengaruh green marketing communication terhadap minat beli. Penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik convenience sampling kepada konsumen akhir yang pernah bertransaksi di industri F&B dengan konsep green, berdomisili di Jabodetabek dan memiliki penghasilan sama dengan atau di atas UMR. Data yang sudah diperoleh akan dianalisis dengan analisis regresi melalui software SPSS 20.0 dan uji Sobel melalui Sobel calculator. Selain itu, akan dilakukan juga Uji Mann-Whitney U dan Kruskal Wallis-H untuk uji beda demografi responden terhadap brand image dan minat beli. Penelitian yang terdiri dari 425 responden ini membuktikan bahwa terdapat beda signifikan pada persepsi kelompok berdasarkan jenis kelamin, generasi dan tingkat rata-rata pengeluaran per bulan terkait restoran yang sudah mengkomunikasikan kegiatan green. Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa terdapat juga beda signifikan pada minat beli kelompok berdasarkan generasi dan tingkat rata-rata pengeluaran per bulan. Berdasarkan analisis regresi yang dilakukan terbukti bahwa green action communication, green food communication dan green donation communication, secara parsial, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand image dan juga minat beli. Kemudian, hasil analisis regresi juga membuktikan bahwa brand image berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan uji Sobel, diperoleh bahwa brand image juga berperan secara signifikan sebagai mediator pada pengaruh antara green action communication, green food communication, dan green donation communication terhadap minat beli.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Marketing > B Marketing |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda |
Depositing User: | Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 02:50 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 02:50 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/1766 |
Actions (login required)
View Item |