Sayogyo, Arya Adhiguna and Bellinda, Chrystine Ika (2015) STRATEGI PENGASUHAN STUDI KASUS KELOMPOK BISNIS PT PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO). Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (109kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (237kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (137kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Strategi korporasi yang dikembangkan oleh perusahaan multibisnis akan memiliki kecenderungan tepat jika perusahaan induk memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi dengan unit bisnisnya dan anak perusahaannya. Dalam konteks global, kinerja ekonomi dipengaruhi oleh efektivitas, rancangan dan implementasi strategi korporasi dari portofolio bisnisnya. Disamping itu, lingkungan bisnis yang cepat berubah dengan perubahan regulasi dan teknologi telah menyebabkan tingkat persaingan semakin tinggi sehingga mengharuskan perusahaan untuk memiliki strategi bisnis yang senantiasa memperhatikan faktor sukses kritisnya. Sebagaimana yang disampaikan Goolds dkk. (1994) perusahaan yang terdiversifikasi memerlukan suatu strategi pada tingkat korporasi yang lebih baik dari strategi yang ada di masing- masing anak perusahaan sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi pemegang saham. Untuk itu diperlukan suatu strategi yang disebut dengan strategi pengasuhan. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC adalah salah satu perusahaan dari empat perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan. IPC merupakan sebuah grup bisnis dengan tiga lini bisnis dan terbagi menjadi 16 anak perusahaan. IPC menyadari pentingnya strategi korporasi yang dapat meresap ke dalam seluruh sendi perusahaan dan memberikan pengaruh terbesar termasuk pada perancangan strategi-strategi bisnis. Isu-isu strategik mengenai penciptaan nilai bagi pemegang saham, penyeimbangan portofolio bisnis, penciptaan strategi kesesuaian, pengembangan keunggulan korporasi dan parenting advantage yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengasuhan yang tepat dan menciptakan nilai bagi IPC dan anak perusahaannya. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan level eksekutif di IPC serta anak perusahaannya. Penelitian ini dilakukan juga untuk mengetahui ada tidaknya penciptaan nilai dari strategi korporasi yang diimplementasikan IPC selama ini. Hasil penelitian ini menunjukkan seluruh anak perusahaan umumnya berada pada zona heartland, edge of heartland dan Ballast. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa IPC memiliki peluang yang sangat besar untuk menciptakan nilai bagi seluruh anak perusahannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategic management, Corporate strategy |
Subjects: | A Management > AF Strategic management |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 06:29 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 09:20 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/210 |
Actions (login required)
View Item |