PENGARUH SALES PROMOTION DAN USER INTERFACE PADA PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR

Krisnanda, Adithio and Malau, Emma Sari (2020) PENGARUH SALES PROMOTION DAN USER INTERFACE PADA PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover dan Pengesahan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
Thesis Adhitio Krisnanda & Emma Sari Malau .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri 4.0 merupakan gambaran baru dari ekonomi modern, yang mana juga terjadi di Indonesia. Berkembangnya industri 4.0 berdampak pada meningkatnya sektor pariwisata (17,7%), pakaian (11,9%) dan kesehatan-kecantikan (10%). Penelitian ini mengangkat fenomena perilaku impulsif pada channel online. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dengan kriteria responden cohor milenial di Jakarta yang pernah melakukan pembelian produk fashion melalui channel online dan berdasarakan kriteria responden ini didapati jumlah sample pada penelitian kali ini berjumlah 139 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui media digital (social media). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan variabel yang diuji adalah price discount, bundling promo, user interface sebagai variabel independen, positive emotion sebagai variabel mediator dan impulsive buying sebagai variabel dependen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square menggunakan aplikasi SMARTPLS dengan hasil penelitian sebagai berikut: Price discount dan user interface memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion pada channel online, sedangkan bundling promo tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap perilaku pembelian impulsif, melainkan harus dibantu dengan positive emotion sebagai mediator dari kedua variabel tersebut. Penelitian ini memberikan penjelasan dan tambahan keilmuan terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion yang dilakukan oleh milenial, dengan memberikan gambaran pengaplikasian mengenai sales promotion, user interface dan bundling promo untuk pasar fashion online. selain itu dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa emosi positif terbutkti dapat berperan sebagai variabel mediator yang memperkuat hubungan antara bundling promo dan impulse buying, sehingga dapat dilakukan peninjauan terhadap emosi positif konsumen dalam perilaku pembelian impulsif yang bertindak sebagai penguat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BJ Sales
B Marketing > BP Consumer behaviour
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:23
Last Modified: 12 Apr 2023 03:54
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2596

Actions (login required)

View Item View Item