PENGARUH PERSUASIVE MESSAGES DAN VISUAL DESIGN DALAM MEMBENTUK PURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA INSTAGRAM

Wulandari, Wulandari (2020) PENGARUH PERSUASIVE MESSAGES DAN VISUAL DESIGN DALAM MEMBENTUK PURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA INSTAGRAM. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover & Pengesahan.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Bab 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
WULANDARI TESIS pass.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai industri yang semakin meningkat saat ini menjadikan penyebaran dan pertukaran informasi yang begitu cepat. Hal ini didukung oleh elemen-elemen melalui media sosial yang berbasis aplikasi yang turut berperan dalam mempengaruhi purchase intention pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh elemen persuasive messages dan visual design dalam membentuk purchase intention pada pengguna Instagram di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei berupa kuesioner yang disebar kepada 384 responden, dalam ruang lingkup pengguna Instagram. Elemen persuasive messages berupa argument quality, source credibility, source attractiveness dan source perception. Visual Design berupa foto. Penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Models). Penelitian in menunjukan hasil bahwa persuasive messages (source attractiveness dan source perception) berpengaruh secara signifikan terhadap information acceptance, persuasive messages (source credibility, source attractiveness dan source perception) berpengaruh secara signifikan terhadap attitude, information acceptance berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention, attitude berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention, dan visual design berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention. Pada penelitian ini juga diketahui bahwa persuasive messages (argument quality dan source credibility) tidak berpengaruh terhadap information acceptance, dan persuasive messages (argument quality) tidak berpengaruh terhadap attitude.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > BM Internet marketing
B Marketing > BP Consumer behaviour
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:31
Last Modified: 12 Apr 2023 04:31
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item