PENGARUH WEBSITE INFORMATIVENESS, PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, DAN TRUST TERHADAP INTENT TO USE ONLINE JOB APPLICATION PADA ONLINE JOB PORTAL

Liberty, Angela Natasya Putri (2022) PENGARUH WEBSITE INFORMATIVENESS, PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, DAN TRUST TERHADAP INTENT TO USE ONLINE JOB APPLICATION PADA ONLINE JOB PORTAL. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (61kB)
[img] Text
3. Bebas Royalti.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. BAB 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
7. BAB 4-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
10. Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan kebiasaan akibat dari pandemic juga memberi dampak pada sistem rekrutmen di Indonesia. Kecepatan pemanfaatan teknologi internet dan ketersediaan informasi membuat sistem rekrutmen menjadi lebih cepat dan mudah. Namun persepsi cepat dan mudah masih sebatas persepsi pencari lowongan pekerjaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh website informativeness, perceived ease of use, perceived usefulness dan trust terhadap intention to use online job application pada online job portal di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Kuesioner yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini ada sebanyak 312 responden yang disebar melalui google form. Data yang terkumpul diolah dengan structural equation model dengan software SmartPLS 3.2. Hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh langsung website informativeness terhadap perceived ease of use didukung. Kemudian pengaruh langsung dari perceived ease of use, trust dan websites informativeness terhadap intention to use online job application hasilnya tidak didukung. Sedangkan pengaruh perceived usefulness terhadap intention to use online job application dan pengaruh mediasi perceived usefulness pada hubungan website informativeness terhadap intention to use online job application hasilnya didukung. Sedangkan hipotesis pengaruh mediasi perceived ease of use dan trust pada hubungan website informativeness terhadap intention to use online job application tidak didukung. Penelitian ini berimplikasi pada pemanfaatan online job application lebih memperhatikan manfaat yang dirasakan oleh pencari lowongan pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat. Model Ini juga dapat dikembangkan dengan menambahkan variabel pemanfaatan social media sebagai salah satu penilaian perusahaan terhadap talent-talent yang mendaftar. Kumpulan informasi data pribadi pencari lowongan pekerjaan dapat digunakan menjadi dasar pengembangan model bisnis yang baru bagi perusahaan penyedia situs aplikasi online job application. Kata Kunci: website informativeness, perceived ease of use, perceived usefulness, trust, intention to use online job application

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Marketing > BM Internet marketing
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Unnamed user with email pustaka_sistem@ppm-manajemen.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:05
Last Modified: 26 Sep 2023 03:06
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item