PENGARUH CONSUMER’S ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY, ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE , PRODUCT KNOWLEDGE DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP INTENTION TO BUY GREEN COSMETICS

Aletrino, Intan (2019) PENGARUH CONSUMER’S ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY, ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE , PRODUCT KNOWLEDGE DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP INTENTION TO BUY GREEN COSMETICS. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan hidup maka terjadi peningkatan permintaan terhadap green product di seluruh dunia (Kumar & Ghodeswar, 2015). Isu lingkungan serta aspek sosial inipun dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam melakukan pemasaran (Azimi & Shabani, 2016). Pada saat ini industri kosmetik ialah salah satu industri yang mendiversifikasi pemasaran dengan mengikuti tren serta gaya hidup masyarakat yang sehat serta membutuhkan produk alami. Perindustrian Republik Indonesia mencatat bahwa industri kosmetik di dalam negeri pada tahun 2017 berkembang baik yakni mencapai lebih dari 760 perusahaan namun masih didominasi oleh kosmetika konvensional (Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, 2018). Menimbang isu lingkungan global yang telah dipaparkan sebelumnya maka terdapat potensi bagi green cosmetics untuk bersaing dengan kosmetik konvensional di Indonesia. Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada niat beli konsumen terhadap kosmetik ramah lingkungan terutama pada faktor Environmental Responsibility, Environmental Knowledge, Product Knowledge dan Country of Origin. Pada penelitian ini digunakan 216 responden yang berdomisili di Jabodetabek dengan sebaran kuesioner menggunakan google form atau kuesioner elektronik. Sampel yang dipilih menggunakan metode non probability sampling. Selain itu data tersebut dianalisis dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil uji SPSS, semua pernyataan di dalam kuesioner dinyatakan valid. Pada saat tahap Uji t variabel Product Knowledge dan Country of Origin dinyatakan memiliki pengaruh positif terhadap intention to buy green cosmetics. Namun pada tahap yang sama , variabel consumer’s environmental responsibility dan environmental knowledge menunjukkan bahwa kedua variable ini tidak memiliki pengaruh terhadap intention to buy green cosmetics. Berdasarkan nilai R Square, variabel dependen purchase intention dapat dijelaskan sebanyak 38,4% dari variabel independent Environmental Responsibility, Environmental Knowledge, Product Knowledge dan Country of Origin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing management, Product management
Subjects: B Marketing > BC Marketing management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif Muda
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 15 Apr 2020 09:08
Last Modified: 11 Nov 2020 03:33
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item