ANTESEDEN NIAT BERLANGGANAN APLIKASI BERITA DIGITAL

Effendi, Retno and Hariska, Tenny (2018) ANTESEDEN NIAT BERLANGGANAN APLIKASI BERITA DIGITAL. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Munculnya sejumlah studi tentang perilaku individu dalam melakukan transaksi untuk membeli produk dan layanan berbasis internet merupakan respon terhadap perkembangan teknologi internet yang telah membawa perubahan besar di semua sektor. Ini termasuk dalam bisnis media berita yang berkembang pesat dengan dukungan teknologi digital. Akses informasi pun menjadi cepat dan mudah, bahkan dapat diperoleh secara gratis melalui situs, beberapa portal media online, maupun media sosial. Di tengah meluasnya akses informasi berita gratis, sejumlah pemain di industri media berita tetap optimis dalam menjalankan bisnis aplikasi berita digital dengan konten berbayar melalui langganan. Penelitian yang dilakukan dengan menggabungkan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) bertujuan untuk mengidentifikasi anteseden niat individu dalam berlangganan aplikasi berita digital. Menurut model TAM, kemudahan penggunaan yang dirasakan dan manfaat yang dirasakan memengaruhi sikap yang pada akhirnya menentukan niat. Dengan menggabungkan TAM dengan TPB, maka dapat ditinjau seberapa kuat pengaruh kedua variabel ini terhadap norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan dan sikap individu sehingga mendapatkan gambaran tentang anteseden yang memengaruhi niat untuk berlangganan aplikasi berita digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan eksploratif, dengan 310 responden pengguna aplikasi berita digital di wilayah kota-kota besar di Jawa dan mayoritas DKI Jakarta. Tujuh hipotesis dibangun untuk mengetahui korelasi variabel yang ada dalam TAM dan TPB terhadap niat berlangganan aplikasi berita digital. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Structured Equation Model (SEM) dibantu perangkat lunak AMOS 23. Penelitian ini menemukan bahwa variabel; kemudahan penggunaan yang dirasakan (perceived ease of use), manfaat yang dirasakan (perceived usefulness), norma subyektif (subjective norm), dan sikap terhadap perilaku (attitude toward) terbukti berpengaruh terhadap niat (intention) berlangganan aplikasi berita digital. Sedangkan kontrol perilaku yang dirasakan (perceived behavioral control) terbukti tidak memberikan pengaruh secara langsung terhadap niat. Hasil ini diharapkan dapat menambah referensi penelitian yang mengimplementasikan penggunaan TAM dan TPB dan pengembangan strategi pemasaran bagi pelaku bisnis media digital berbasis aplikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Consumer behaviour
Subjects: B Marketing > B Marketing
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 04 May 2020 23:10
Last Modified: 14 Dec 2020 06:51
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item