STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PT PJB TAHUN 2020 – 2030

Rupawan, Dimas Kaharudin Indra (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PT PJB TAHUN 2020 – 2030. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, terjadi perubahan yang bersifat disrupsi dalam industri ketenagalistrikan. Perubahan tersebut disebabkan oleh berbagai aspek, mulai dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya energi bersih, meningkatnya dukungan dari politik dan aturan hukum terhadap energi bersih, serta munculnya teknologi-teknologi baru yang memungkinkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan listriknya sendiri secara andal, bersih, nyaman, efisien dan ekonomis. Perubahan tersebut membuka fase baru dalam industri ketenagalistrikan yang selanjutnya kami istilahkan dengan era Electric Power Industry 3.0 (EPI 3.0). PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) adalah anak perusahaan PT PLN Persero yang bergerak di industri ketenagalistrikan. Saat ini, bisnis utama PT PJB adalah pembangkitan listrik skala besar tersentralisasi dengan energi dari bahan bakar fosil (gas & batubara). Dengan adanya era EPI 3.0, timbul potensi permasalahan yang dipicu oleh tidak sesuainya antara nilai yang ditawarkan oleh Perusahaan (PJB & PLN) saat ini dengan nilai yang diinginkan oleh pasar & konsumen setelah terjadi perubahan. Jika Perusahaan tidak melakukan sesuatu (atau bertindak dengan Business as Usual), maka dikhawatirkan akan terdapat risiko yang mengakibatkan keberlangsungan bisnis Perusahaan (PJB & PLN) menjadi terancam. Topik pembahasan yang diangkat dalam tesis ini adalah: a.) mengidentifikasi dan menganalisis perubahan-perubahan yang terjadi di industri ketenagalistrikan dalam tatanan strategis; b.) mendesain dan menyintesis strategi utama Perusahaan (PJB & PLN) untuk mengantisipasi dan memitigasi risiko tersebut; c.) mengidentifikasi potensi pengembangan bisnis yang berkaitan dengan EPI 3.0 dan menganalisis kelayakan Perusahaan untuk terjun di dalamnya; d.) menyusun garis besar road map dan action plan strategis untuk mengimplementasikan strategi tersebut dalam kurun waktu 2020 – 2030. Informasi yang dihasilkan dari pembahasan tesis tersebut diharapkan bisa digunakan oleh Senior Leader Perusahaan (Baik PJB dan PLN) sebagai acuan pengambilan keputusan strategis guna mempertahankan keberlangsungan bisnis Perusahaan (PJB & PLN) dan meningkatkan nilai dari Perusahaan (PJB & PLN) dalam era EPI 3.0. Terutama dalam kurun waktu tahun 2020 – 2030.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategic, Busienss development
Subjects: B Marketing > BC Marketing management
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Eksekutif
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 08 May 2020 09:04
Last Modified: 23 Dec 2020 03:35
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item