Faishal, Muhammad and Pamungkas, Sridhani Lestari (2015) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA DIVISI PEMASARAN ASURANSI RANGKA KAPAL PT. FRESNEL PERDANA MANDIRI TAHUN 2015 – 2018. Masters thesis, PPM Manajemen.
Text
Cover.pdf Download (69kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (126kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (73kB) |
|
Text
Tesis Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Industri perkapalan di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat (Investor daily dalam kemenperin.go.id, 2012). Berkembangnya industry perkapalan ditandai dengan semakin banyaknya aktivitas bisnis yang berhubungan dengan perkapalan, mulai dari produksi kapal hingga asuransi perkapalan. Hal tersebut menjadi salah satu peluang bagi bisnis broker asuransi rangka kapal di Indonesia. Selain itu, peraturan pemerintah mengenai kewajiban bagi pemilik kapal untuk mengasuransikan kapalnya semakin membuka peluang bagi broker asuransi dalam mendapatkan keuntungan maksimal. PT. Fresnel Perdana Mandiri, sebagai salah satu pemain dalam industri broker asuransi rangka kapal, perlu menjalankan sebuah strategi yang bertujuan untuk membina hubungan jangka Panjang dengan pelanggan. Hal tersebut disebabkan terjadinya perubahan kebutuhan pelanggan asuransi rangka kapal yang lebih mementingkan pelayanan dan kemampuan broker dalam memberikan informasi terbaru mengenai asuransi rangka kapal di Indonesia. Penelitian tesis ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan strategi customer relationship management bagi pelanggan asuransi rangka kapal divisi pemasaran PT. Fresnel Perdana Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian ekploratori yang menggunakan metode gabungan kuantitatif dan kualitatif dalam menjelaskan gambaran industri broker asuransi rangka kapal di Indonesia serta membantu PT. Fresnel Perdana Mandiri dalam perancangan strategi CRM beserta sasaran strateginya. 11 perusahaan milik pelanggan aktif asuransi rangka kapal PT. Fresnel Perdana Mandiri periode 2014-2015 digunakan sebagai responden dalam penelitian ini. Penelitian ini melakukan berbagai analisis internal dan eksternal, formulasi strategi, serta implementasi strategi yang mengacu pada konsep rantai nilai CRM (CRM value chain) dari Buttle. Hasil penelitian tesis ini menunjukan bahwa perlu adanya pengelompokan pelanggan bagi Fresnel sehingga mampu memberikan kemanfaatan yang sesusai dengan kebutuhan masing-masing kategori pelanggan. Selain itu, PT. Fresnel Perdana Mandiri perlu menjaga hubungan dengan pelanggannya melalui kegiatan yang berbasis penyampaian informasi kepada pelanggan seperti konsultansi dan seminar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Customer relationship management |
Subjects: | B Marketing > B Marketing B Marketing > BP Consumer behaviour |
Divisions: | Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen |
Depositing User: | Slamet SPJ Pujiana |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 02:45 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 01:51 |
URI: | http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/763 |
Actions (login required)
View Item |