ANALISIS PENGARUH ATITUDE, NORM, DAN BEHAVIOR CONTROL TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION (STUDI KASUS PADA GENERASI MILENIAL DI DKI JAKARTA DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN KEUANGAN DIGITAL PEER TO PEER LENDING)

Tandi, Sebastian Vieri Matasak (2019) ANALISIS PENGARUH ATITUDE, NORM, DAN BEHAVIOR CONTROL TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION (STUDI KASUS PADA GENERASI MILENIAL DI DKI JAKARTA DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN KEUANGAN DIGITAL PEER TO PEER LENDING). UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] Text
Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jumlah penggunaan Internet setiap tahunnya naik signifikan, data yang dikeluarkan oleh APJII tahun 2018 memperlihatkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 64,8% atau setara 171,17 juta masyarakat dan mayoritas penggunanya adalah generasi milenial. Pemerintah memiliki target inklusi keuangan pada tahun 2019 sebesar 75%, sedangkan laporan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016 memperlihatkan bahwa inklusi Indonesia masih berada di 65%. Data lain menunjukkan bahwa kebutuhan kredit UMKM di Indonesia setiap tahunnya sebesar 1700 triliun, namun hanya sebesar 700 triliun yang dapat dipenuhi oleh Bank Konvensional. Melihat dari beberapa kondisi di atas, salah satu alternatif yang bisa dimaksimalkan adalah menggunakan layanan keuangan digital yaitu Peer to Peer Lending yang dianggap menjadi suatu solusi dalam hal investasi atau kredit. Penelitian ingin mencari tahu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecenderungan perilaku (Behavioral Intention) seseorang dalam penggunaan layanan Peer to Peer Lending menggunakan faktor-faktor dalam teori yang diciptakan oleh Ajzen (1991) "Theory Planned Behavior (TPB)" yaitu Atitude Toward the Behavior, Subjective Norm, dan Perceived Behavioral Control. Pada akhirnya penelitian ini dapat memperlihatkan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kecenderungan perilaku untuk menggunakan atau tidak menggunakan layanan P2P lending dari sisi orang-orang yang belum atau tidak menggunakan layanan keuangan tersebut pada kalangan milenial di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan media kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 106 orang. Hasil dari penelitian adalah variabel Atitude Toward the Behavior dan Subjective Norm tidak memiliki pengaruh terhadap Behavioral Intention dalam penggunaan layanan P2P lending dan variabel Perceived Behavioral Control memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention.

Item Type: ["eprint_typename_book" not defined]
Uncontrolled Keywords: Finance, Financial management
Subjects: D Finance > DA Financial management
Divisions: Program Studi Sarjana > Manajemen Bisnis Profesional
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 20 May 2020 02:58
Last Modified: 23 Oct 2021 01:45
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item