PENGARUH PRICE DISCOUNT, PERCEIVED QUALITY, DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP ATTITUDE PRODUK E-LIQUID

Mubdi, Faiz Hadiyanul (2019) PENGARUH PRICE DISCOUNT, PERCEIVED QUALITY, DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP ATTITUDE PRODUK E-LIQUID. Masters thesis, PPM Manajemen.

[img] Text
Cover.pdf

Download (677kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (564kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Maraknya penggunaan vape merupakan fenomena yang sedang terjadi di Indonesia. Peningkatan yang signifikan dari sisi konsumen, menyebabkan pesatnya perkembangan industri vape di Indonesia. E-liquid merupakan salah satu produk yang banyak memunculkan pemain baru di Indonesia, karena lebih mudah untuk diproduksi dibandingkan dengan komponen vape lainnya (mod, atomizer, & baterai). Sebelum Indonesia memiliki produk e-liquid, kebutuhan konsumsi produk e-liquid didapatkan dengan cara impor. Kondisi ini menyebabkan produk e-liquid impor lebih dulu menguasai pasar e-liquid di Indonesia. Sehingga, produsen e-liquid Indonesia perlu bersaing untuk mendapatkan pasar konsumen e-liquid impor. Di sisi yang lain, semakin bertambahnya pemain dalam industri ini membuat peta persaingan semakin ketat. Sehingga penting bagi para pemain dalam industri ini untuk mampu meningkatkan attitude konsumen akan brand nya. Perceived quality sudah terbukti memiliki pengaruh terhadap peningkatakan attitude terhadap brand di industri lain. Selain itu, price discount yang dianggap sebagai salah satu bentuk promosi yang paling sering dilakukan untuk meningkatkan penjualan juga digunakan untuk mengetahui bagaimana interaksinya terhadap hubungan perceived quality dan country of origin terhadap attitude produk e-liquid di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yang dibagi ke dalam 2 studi dengan design 2x2. Studi 1 dilakukan untuk mengetahui hubungan antara perceived quality dan brand attitude, juga interaksi price discount terhadap hubungan tersebut. Sementara studi 2 dilakukan untuk mengetahui hubungan country of origin dah brand attitude, juga interaksi price discount terhadap hubungan tersebut. Masing-masing studi dibagi kedalam 4 kelompok subsampel, sehingga terdapat 8 kelompok subsampel dalam penelitian ini. Setiap subsampel diberikan manipulasi berbeda, untuk mengetahui interaksi antar variabel-variabel tersebut. Total sampel dalam penelitian ini adalah 252 responden, dengan jumlah 30 – 33 orang per kelompok subsampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perceived quality dan brand attitude, price discount dan brand attitude, juga country of origin dan brand attitude. Selain itu ditemukan pula bahwa variabel price discount mampu berinteraksi terhadap perceived quality, maupun country of origin, dalam mempengaruhi brand attitude pada produk e-liquid di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Consumer behaviour
Subjects: B Marketing > B Marketing
B Marketing > BP Consumer behaviour
Divisions: Program Studi Megister > Manajemen Wijawiyata Manajemen
Depositing User: Slamet SPJ Pujiana
Date Deposited: 07 Jul 2020 01:10
Last Modified: 11 Aug 2022 03:29
URI: http://repo.ppm-manajemen.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item